SEKOLAH SEHAT CS PEKAN GIZI SMAN 46 JAKARTA 16 Agustus 2024

Admin SMAN 46 JKT Blog 27 August 2024 Leave a reply

Seperti yang kita ketahui “Sekolah Sehat” adalah konsep sekolah yang tidak hanya berfokus pada pendidikan akademis, tetapi juga pada kesehatan fisik, mental, dan lingkungan seluruh warga sekolah. Tujuan utama dari program ini adalah menciptakan lingkungan yang mendukung gaya hidup sehat bagi siswa, guru, dan staf sekolah.

SMAN 46 terus berusaha untuk menerapkan konsep sekolah sehat hal ini didukung dengan adanya pekan gizi yang merupakan program dari kemenkes yang dilaksanakan oelh Dinas Kesehatan DKI jakarta bekerja sama dengan sekolah-sekolah yang berada di DKI tidak terkecuali SMAN 46 Jakarta.

“Pekan Gizi” adalah sebuah program atau kegiatan yang diselenggarakan oleh institusi pendidikan, komunitas, atau organisasi kesehatan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat, khususnya anak-anak dan remaja, tentang pentingnya gizi yang baik. Kegiatan ini biasanya berlangsung selama satu minggu dan melibatkan berbagai aktivitas yang menarik dan edukatif.

Pelaksanaan Pekan Gizi kami

Tanggal 16 Agustus 2024 lalu sekolah bekerja sama dengan pihak din kes dan puskesmas melaksanakan pekan gizi dengan rangkaian acara :

Pembukaan yang dilakukan oleh wakil kesiswaan bidang Sarpras menggantikan bapak kepala sekolah yang berhalangan pada hari itu karna melaksanakan tugas lain di Dinas pendidikan, sekaligus juga membuka kegiatan.

Sambutan yang diberikan mengingatkan betapa pentingnya keseimbangan gizi untuk tumbuh kembang anak, menegaskan bahwa siswa SMA adalah anak yang juga butuh gizi seimbang dalam masa pertumbuhannya.

Ibu dokter kepala puskesmas memberikan sambutan ke dua mengingatkan betapa pentingnya keseimbangan gizi dengan pola makan yang baik dan istirahat yang cukup, Hal ini membuka wawasan peserta yang terdiri dari siswi kelas X

Senam bersama merupakan acara yang digelar sebagai rangkainan acar. Irama poco-poco menggema diiringi gerakan senam yang cukup membawa suasana kegembiraan, semua bergoyang mengikuti irama namun masih dalam pakem senam sehatnya, bukan berjoged ya

Setelah senam kita m enggelar hamparan terpal di lapangan bersiap untuk makan sehat, anak-anak membawa makanannya sendiri yang disiapkan dari hasil kasih sayang ibu masing-masing. Beraneka makanan mereka bawa sesuai arahan, yaitu makanan sehat.

Sambari  makan bersama para nakes membagikan buah-buahan dan tablet tambah darah ke semua peserta.

Hari ini sarapan pagi kita penuh gizi dan seru rasanya.

Di tengah acara sarpan  sehat yang sedang berlangsung pak Lurah kita datang memberikan semangat dan apresiasi pada siswa dalam kegiatan yang sedang dilangsungkan pak Lurah berpesan untuk tidak mengabaikan kesehatan, kebersihan dan makan makanan bergizi.

Selain pak lurah Ibu dokter kepala Puskesmas juga memberikan sosialisasi mengenai pentingnya masa pertumbuhan yang berkaitan dengan kesehatan dan kecerdasan 

Acara ditutup dengan selesainya kita melakukan sarapan pagi penuh gizi dan ceria.

Rencana kedepannya sekolah akan mebuat program sarapan sehat dalam beberapa waktu sekali yang akan dilakukan oleh semua siswa, agar siswa dan semua masyarakat sekolah menjadi sadar arti penting kesehatan dan bukan hanya sadar bamun mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Health is the greatest gift, contentment the greatest wealth, faithfulness the best relationship.” -Buddha

Kesehatan adalah anugerah terbesar, merasa cukup adalah kekayaan yang paling tinggi, dan kesetiaan adalah hubungan terbaik. -Buddha

“He who has health has hope; and he who has hope, has everything.” -Thomas Carlyle

Dia yang memiliki kesehatan berarti mempunyai harapan; dan dia yang punya harapan, memiliki segalanya. -Thomas Carlyle

Jakarta, Agustus 2024

Nur Fatehanny


Leave a Reply

Your email address will not be published.